Pencanangan “Hari Kandang”

Pasuruan, 14 Januari 2011 — Dalam upaya untuk meningkatkan pelayanan masyarakat dan semangat kebersamaan Bapak Ir. Mariyono, M.Si selaku Kepala Loka Penelitian Sapi Potong mencanangkan Hari Kandang yang rencananya akan dilaksanakan rutin setiap bulan sekali. Acara pencanangan tersebut dihadiri oleh seluruh pegawai dan anggota Dharma Wanita lingkup Loka Penelitian Sapi Potong serta peserta PKL dari SMK Pujon, SMK Puspo dan mahasiswa Fakultas Peternakan Universitas Brawijaya Malang.


Dalam acara tersebut Bapak Ir. Mariyono, M.Si menyampaikan bahwa seluruh karyawan Loka Penelitian Sapi Potong harus mengerti dan mengenal kandang, ditempat ini program penelitian dilaksanakan sehingga apabila masyarakat meminta informasi maka kita dapat memberikan informasi dengan tepat. Beliau juga menambahkan bahwa melalui acara ini dapat menambah semangat kebersamaan antar karyawan sehingga sebesar apapun masalah yang ada dapat kita selesaikan bersama dengan mudah.

Acara ini diawali dengan jalan sehat dari Kantor Loka Penelitian Sapi Potong menuju kebun percobaan Ranuklindungan, di kebun percobaan ini peserta diperkenalkan koleksi Hijauan Makanan Ternak (HMT), kapasitas produksi dan luas area kebun percobaan yang dimiliki Loka Penelitian Sapi Potong oleh Bapak Ir. Didik Eko Cahyono selaku Kepala Kebun Percobaan. Selanjutnya peserta diajak mengelilingi Kebun Percobaan Sumberagung, Kebun Percobaan Gratitunon hingga kembali ke Kantor Loka Penelitian Sapi Potong dan berakhir di Kandang Percobaan, di sini peserta diberikan penjelasan tentang pengenalan sapi berikut cara praktis identifikasi daging sapi yang baik oleh Bapak Bambang Suryanto selaku Kepala Kandang Percobaan, pengenalan bangsa – bangsa sapi potong dan pendugaan umur oleh Bapak Ir. Lukman Affandhy selaku Ketua Program, serta diskusi dengan peserta yang dipandu oleh Bapak Ir. Ainur Rasyid selaku Ketua Peneliti Pemuliaan & Reproduksi. Acara tersebut diakhiri dengan makan bersama alakadarnya.

Loka Penelitian Sapi Potong yang merupakan kepanjangan tangan dari pemerintah sebagai lembaga penelitian sapi potong skop nasional bertaraf internasional yang berperan aktif dalam mengembangkan dan merekayasa teknologi peternakan melalui pelestarian dan pemanfaatan sumber daya plasma nutfah sapi potong dengan penelitian tahnologi pemuliaan, reproduksi, pakan dan manajemen pemeliharaan untuk mendapatkan bibit sapi potong lokal yang unggul selalu berbenah diri untuk peningkatkan pelayanan masyarakat tentunya membutuhkan segenap elemen karyawan untuk terus berperan aktif dalam upaya mewujudkannya.(mlf’01)