bicara soal busi tak lepas dari sistem pengapian sebuah sepeda motor.fungsi busi sendiri adalah sebagai pemantik percikan api yang di timbulkan dari arus listrik sistem pengapian.

tapi maksud dari busi nyala tapi mati apa ya? kok jadi bingung?
oke ikuti kisah di bawah ini
suatu ketika ada seorang yang mengeluh karna motornya mbrebet nggak karuan.

si pemilik motor pun curhat

pemilik motor = mas motorku aneh nih,

aku =lo napa kok aneh?

pemilik motor =gimana nggak aneh la wong pengapiannya bagus businya nggak ada masalah.tadi aku cek nyala tuh.tapi motor kok ngaco

aku =coba aku cek

setelah aku cek semuanya weeeeee la dhala…..ini nih businya minta ganti mas

pemilik motor =lo kenapa kok minta ganti mas kan masih nyala?
gini lo sob busi nyala itu belum tentu bisa di gunakan. karna busi yang masih layak adalah busi yang percikan nya fokus hanya pada electroda dengan graund.jika percikan menyebar nggak karuan berarti ada kebocoran pada insulator berupa keramik yang melindungi electroda pada bagian tengah busi.jika keramik ini pecah bisa di tebak percikan api akan menyebar dan mengakibatkan motor nggak bekerja secara maksimal.

penyebab keramik pada electroda busi ini pecah adalah akibat panasnya ruang bakar “(combustion chamber)” bisa di bayangkan sob busi ini mampu menahan panas hingga 200°c .bagaimana kalau motor kita gunakan setiap hari nonstop busi akan selalu menahan beban panas yang sangat berat.

jadi bila busi nyala tapi kok mati coba perhatikan secara seksama apakah ada percikan lain ke massa selain graund pada tengah busi

abangirengku.com