Timnas Indonesia mengawali 2 pertandingan pra-piala dunia dengan kekalahan tanpa mencetak gol sama sekali, lini belakang menjadi masalah utama yang harus segera diselesaikan karena indonesia sudah dinanti tim timur tengah lainnya, yaitu Qatar. lini tengah indonesia pun masih terlihat kurang kompak dalam memberikan peluang pada 3 striker (gonzales,boaz,bambang), Indonesia tidak seperti saat menjadi runner-up piala AFF. memang, level AFF & pra piala dunia berbeda, tetapi kalau tim bersatu padu bisa saja seperti menahan imbang Australia, Kuwait & merepotkan Oman saat indonesia satu grup dengan ketiga raksasa tersebut di kualifikasi piala asia 2012 lalu.

Kita lihat saja Thailand, tampil biasa saja di AFF lalu tetapi tampil luar biasa di pra piala dunia 2014 dengan mengalahkan oman 3-0 dan hanya kalah tipis 2-1 dari australia. Faktor pelatih menjadi kunci kesuksesan thailand,. tapi tidak dapat dipungkiri kekompakan para pemain thailand karena masing2 pemain sudah cukup mengenal karakter pemain lainnya yang sebagian besar merumput di 2 klub papan atas thailand yaitu chonburi fc (juara liga premier thailand) & muangthong united.
Spanyol mampu menjadi juara piala eropa 2008 & piala dunia 2010 juga karena kekompakan mereka yang saling mengenal karakter sesama pemain. Barcelona paling banyak memasukkan nama pemainnya ke timnas spanyol. Negara2 lain juga hampir sama seperti thailand & spanyol yang memasukkan pemain yang bermain di klub juara ke tim nasional, selain pelatihnya yang menentukan.
Timnas Indonesia selain harus mempunyai pelatih yang cerdas & mengetahui kemampuan anak asuhnya, juga harus memasukkan pemain berbakat dari klub yang menjadi juara di ISL. Persipura juara ISL 2010-2011 mempunyai pemain2 bagus & kompak sehingga berhasil menjadi juara ISL & masuk perdelapan final AFC CUP melawan arbil (irak) tgl 13 september nanti. Banyak yang mengusulkan kalau pemain persipura harus masuk timnas,karena mereka sudah mengenal luar dalam karakter teman2nya dan mungkin bisa lebih leluasa mensuplay bola ke striker utama mereka boaz salossa. saat ini hanya ada 3 pemain persipura saja yang dipanggil yaitu boaz,hamka & ricardo.

Inilah pemain persipura yang diusulkan untuk memperkuat timnas Indonesia

1. Ian Luis Kabes
2. Titus Bonai
3. Imanuel Wanggai
4. Gerard Pangkali
5. Yustinus Pae