Kecemasan pada seseorang sangat menguras tenaga dan menjadi beban bagi orang lain. Terbukti juga kecemasan menimbulkan gangguan fisik, seperti nyeri perut, mual, bahkan muntah, sakit kepala, nyeri tengkuk, dan leher. Berikut ini beberapa cara mengatasi kecemasan.

1. Mencoba selalu menyelesaikan masalah
Menyelesaikan masalah secara efektif dapat dipelajari. Bila cemas akan sesuatu, misalnya khawatir dipecat, pelajarilah kelemahan dan kelebihan dalam pekerjaan. Lalu, usahakan mengatasi kelemahan secara bertahap.

2. Menyisihkan waktu untuk bercemas-cemas
Inilah cara uniktapi efektif mengatasi rasa cemas yang berkepanjangan. Sisihkan waktu khusus, mislanya setengah jam sehari untuk memikirkan kecemasan-kecemasan. Dengan cara ini, kecemasan yang biasa menyertai sepanjang hari dipusatkan pada waktu tertentu saja.

3. Mengkhayalkan yang terbaik
cobalah merasionalkan hal-hal yang membuat anda cemas.

4. Mencoba lebih banyak bersantai
Mengistirahatkan badan bisa mengistirahatkan perasaan juga. Karena itu, latihan-latihan relaksasi patut dicoba.

5. Memusatkan perhatian pada hal-hal yang sedang terjadi
Kecemasan selalu berorientasi ke masa depan. Jadi, fokuskan diri anda pada hal-hal sekarang.

6. Melatih diri anda mengatasi kecemasan
Kurangi tindakan-tindakan yang menunjukkan kecemasan, seperti menelepon orang yang dicintai berulang-ulang atau berjalan-jalan melihat pemandangan dll.

Akhirnya, sadarilah, bila anda mampu mengatasi suatu masalah, buat apa cemas? Lalu, kalau anda yakin tidak dapat mengatasi satu masalah, buat apa cemas juga? Toh, anda sudah tahu konsekuensinya!