Majelis Fathul Hidayah

Kita sebagai orang Indonesia yang berbudi luhur pasti tau dgn budaya yg bakal saya sebutin ini, tp belakangan saya lihat udah mulai berkurang ya , jadi saya coba angkat deh, supaya Kita mau mengembalikan budaya kita, menjadi budaya sesungguhnya

1.Cium tangan
biasanya sih dibilang salim (?) ya kan? kalo saya sampai skrg pun stiap pergi slalu pamit ke ortu kaya gt, kalo ke nyokap, pake cepika cepiki pula , tapi ini penting lho gan, selain menanamkan rasa cinta kita sama ortu, cium tangan itu sebagai tanda hormat dan terima kasih kita sama mereka, sudahkah Kita mencium tangan ortu kalian?

2.Penggunaan tangan
Di luar negeri, saya rasa ga ada masalah ya dengan ini, tp bukankah budaya kita menganjurkan penggunaan tangan kanan, dlm memberikan barang, berjabat tangan, ataupun saat makan (yang kidal pengecualian ya gan )
jangan Kita anggap itu budaya yg ketinggalan jaman / kaku / norak, karena negara kita beda dgn negara barat, pertahankan itu, supaya jati diri bangsa kita nggak hilang kan

3.Senyum & Sapa
Ini Indonesia banget, dulu citra negara kita adalah negara yang ramah, murah senyum, jangan sampai hilang gan. Karena senyum itu ibadah, dan sapa itu menambah keakraban kita dengan sekitar kita percaya sama saya, ga ada ruginya kita lakuin itu.
( Pengalaman saya di kerja Jatim, disana penduduknya sopaaaan dan ramah banget, padahal saya pendatang dr Jakarta. saya baru sadar inilah Indonesia sesungguhnya )

4.Musyawarah
Boro-boro mau musyawarah, kenal sama pak RT aja nggak. Gausah RT deh, yakin saya banyak orang yang ga kenal sama tetangganya sendiri, no offense saya juga kaya gt soalnya gara gara sibuk kerja dan kuliah sampe malem. tp coba deh sesekali ada acara di lingk.rumah lo, lo ikut ngumpul, gausah lama lama, tp minimal lo kenal sama orang disekitar lo, dan bisa ngebantu memajukan lingkungan rumah lo juga

5.Gotong Royong
Kerja bakti, kasarnya. Jaman saya smp, di lingk.rumah saya sering banget ada kerja bakti hari minggu, ngebersihin parit / got lah, memangkas semak semak lah, atau minimal ngebersihin halaman rumah sendiri bersama sama. Sekarang? Ayolah, sebulan sekali pun gapapa kan gan, asalkan bisa mempererat persatuan Lingk.kita? Siapa tau Kita ada Pak RT / RW / Lurah?? heheheh