Suheri Syahputra

Keberhasilan siswa SMK Dumai dalam ajang lomba komptensi Siswa (LKS) tingkat SMK se-Provinsi Riau merupakan kebanggan sendiri bagi dunia pendidikan Dumai. Prestasi tersebut sedikitnya dapat menutup pencapaian angka kelulusan tingkat SLTA Kota Dumai tahun ini yang mengalami kemerosotan.

Tak tanggung tanggung, para siswa yang ikut disertakan dalam ajang tersebut, memberikan nilai- nilai yang maksimal. Hasil memuaskan dengan pencapaian juara umum dari sejumlah bidang lomba yang diikuti.

Kepala Dinas Pendidikan Kota Dumai Rusli Alhamidi, Rabu (5/5) mengatakan, keberhasilan yang ditunjukan siswa SMK yang bertanding diajang tersebut membuktikan kalau kualitas siswa SMK Dumai masuk dalam hitungan.

“Kesuksesan yang dicapai dalam mengungguli seluruh SMK yang ada di Riau ini cukup membuat kita puas. Mudah2an ini dapat dipertahankan,” katanya.

Atas keberhasilan yang dicapai tersebut, diakui Rusli akan melakukan persiapan lebih matang terhadap para peserta yang ikut. Sebab, kegiatan para siswa yang memiliki prestasi tersebut tak hanya berhenti sampai disitu. Keberhasilan tersebut membawa para peserta untuk mengadu kemampuanya di ajang yang lebih tinggi.

Rusli menyebutkan, para siswa berprestasi dari Dumai itu akan dikirim memawakili provinsi Riau untuk berlaga di Lomba Kompetensi Siswa (LKS) tingkat nasional. Kegiatan itu akan digelar di Jakarta mulai 12 sampai 16 Mei mendatang.

“Tentunya di tingkat yang lebih tinggi ini kita harus berusaha semaksimal mungkin meskipun berat. Tapi paling tidak kemampuan siswa SMK kita sudah teruji untuk dilombakan di tingkat nasional,” katanya.

Ia menyebutkan persaingan yang akan dihadapi di Jakarta nanti lebih berat. Termasuk juga saat bertanding tingkat provinsi yang beradu dengan peserta-peserta SMK dari 12 kabupaten dan kota yang ada di Riau.

Saat LKS tingkat provinsi Riau, sebanyak 23 bidang perlombaan yang telah diikuti oleh siswa SMK. Dari jumlah tersebut, para siswa SMK Dumai yang menjadi duta Dumai dalam mengadu kemampuan keahlian yang didapat disekolahnya, 12 bidang lomba mampu diraih sebagai pemenang pertama.

Disebutkan Rusli 12 bidang-bidang lomba yang berhasi dicapai siswa tersebut adalah bidang elektronik, listrik, teknik otomotif, mesin las, akutansi, bangunan atau cadd building, manajemen bisnis/pemasaran, teknik komputer, jaringan, bela negara, web design, bahasa Mandarin, refrigeration/teknik pendingin dan tata udara.