SMK NEGERI PURUKCAHU. Kab.Murung Jaya, Kalimantan Tengah

SMK Negeri 1 Puruk Cahu berdiri sejak tahun 2003 dengan nama SMK Kecil Puruk Cahu, Bapak Drs. Saharuddin (Plt. Kepala Sekolah). Pertama kali berdiri membuka dua Jurusan Geologi Pertambangan dan Pertanian, dan pada tahun pertama belum ada peminat untuk Pertanian. Jurusan Pertanian dalam perkembangannya menjadi Budidaya Tanaman kemudian berubah menjadi Budidaya Tanaman Perkebunan dan terakhir berganti nama menjadi Agribisnis Tanaman Perkebunan.

Kemudian pada hari selasa, 30 Agustus 2005 SMKNN-1 Puruk Cahu diresmikan pendiriannya oleh bupati Murung Raya Bapak Ir.Willy M.Yosep, MM.

Memperhatikan perkembangan teknologi saat ini semakin pesat dan ditunjang lagi adanya jaringan ICT yang ada dengan koneksi melalui VSAT JARDIKNAS, maka pada tahun pelajaran 2008/2009 sekolah membuka jurusan baru yaitu Teknik Komputer dan Jaringan.

Sehingga sampai saat ini SMK Negeri 1 Puruk Cahu mengembangkan 3 Program Studi Keahlian, dengan Kompetensi Keahlian :

1.Geologi Pertambangan
Geologi Pertambangan merupakan Program Keahlian yang pertama kali digunakan atau jurusan perintis dibukanya SMK Negeri 1 Puruk Cahu.
Jurusan ini dibuka pada tahun 2003
Guru Pertambangan pertama dibuka gurunya di bantu dari Pegawai Dinas Pertambangan Kabupaten Murung Raya, menginggat kesibukan yang luar biasa di kantor, maka dengan sangat menyesal mereka harus melepaskan tugas mereka sebagai guru tidak tetap pada SMK Negeri 1 Puruk Cahu.

2.Agribisnis Tanaman Perkebunan
Agribisnis Tanaman Perkebunan dibuka pada tahun 2004.
Pada awalnya jurusan ini mempunyai julukan nama Budidaya Tanaman, kemudian di revisi mengikuti perkembangan kurikulum menjadi Budidaya Tanaman Perkebunan dan akhirnya sekarang sesuai spektrum KTSP terbaru menjadi Agribisnis Tanaman Perkebunan.

3.Teknik Komputer dan Jaringan
Teknik Komputer dan Jaringan merupakan jurusan baru pada urutan ke tiga yang dibuka pada tahun pelajaran 2008/2009.
Jurusan ini menempati posisi ke-2 yang paling diminati setelah jurusan Geologi Pertambangan, sebagai gambaran peminatnya dapat dilihat pada daftar peminat pada bagian Data Animo PSB.

Visi dan Misi SMK Negeri 1 Puruk Cahu

Visi :

Menjadi SMK Unggulan Berbasis Potensi Lokal Yang Berstandar Nasional.

Misi :

Mencetak kader-kader pembangunan yang tangguh, berbudaya, terampil dan profesional dibidang Pertanian, Geologi Pertambangan dan IT.
Melaksanakan kegiatan belajar mengajar bermutu yang berbasis potensi sekolah.
Menjalin kemitraan dengan Dunia Kerja/instansi terkait “Link and Match” dalam rangka Pendidikan Sistem Ganda (PSG), promosi dan penyaluran tamatan.
Mengitegrasikan IMTAQ dan IPTEK dalam pembelajaran untuk membentuk karakter siswa Cerdas, Berbudi pekerti luhur, Disiplin dan Unggul dalam sikap dan prilaku.
Melaksanakan pembelajaran berbasisi IT.