SMK Nasional malang merupakan sekolah tertua dan tertangguh di kota MALANG, didirikan pada tanggal 17 Juli 1951 merupakan bukti nyata, bahwa sampai dengan saat ini SMK Nasional Malang masih dipercaya oleh masyarakat sehingga dari tahun ke tahun memiliki siswa yang bertambah banyak.
Letak yang strategis
SMK Nasional Malang terletak di jantung kota MALANG tepatnya di jalan Raya Langsep No 43, dengan lokasi yang strategis terletak di tepi jalan besar yang mudah diakses oleh kendaraan pribadi atau pun umum yang merupakan pilihan tepat dan bernilai ekonomis bagi siswanya
Sarana dan Prasarana
Memiliki gedung tiga lantai, ruang laboratorium praktek, laboratorium bahasa inggris, laboratorium komputer, perpustakaan dan ruang sarana pembelajaran yang representative
Tenaga Pendidik yang Profesional dan Berkualitas
Diasuh oleh guru negeri yang diperbantukan, guru tetap P2PUTN, dan Instruktur/Staff Ahli dari dunia kerja yang kompetitif dan Profesional di bidangnya
Terakreditasi “A”
Merupakan bukti bahwa SMK Nasional telah memenuhi Standart Pendidikan Nasional ataupun Intenasional.
Daya Serap Lulusan
Alumus SMK Nasional Malang terserap dalam dunia kerja baik, dalam skala Nasional maupun Internasional, dan beberapa melanjutkan ke Perguruan tinggi Negeri dan Swasta


SMK Nasional dirintis oleh Bapak M. Ali Sati (alm), Bapak Heru (alm), dan Bapak Moh. Saleh (alm) pada tanggal 1 Juli 1950 dengan nama Sekolah Teknik Menengah Diponegoro. Pada tanggal 17 Juli 1951 namanya diubah menjadi Sekolah Teknik Menengah Nasional seiring dengan berdirinya Yayasan Perguruan Teknik Nasional. Pada saat itu baru memiliki satu jurusan yaitu Jurusan Mesin.

Pada tanggal 17 Juli 1959 dilakukan peletakan batu pertama pembangunan gedung SMK Nasional di Jl. Raya Langsep 43 Malang oleh Ketua Yayasan. Selanjutnya, pada tanggal 1 Agustus 1959 SMK Nasional menambah Jurusan Bangunan Gedung. Setahun kemudian, pada tanggal 1 Agustus 1960 Jurusan Bangunan Air dan Jalan Raya. Pada tanggal 20 Agustus 1961 Gubernur Jawa Timur Bapak Brigjen Wijono meninjau komplek gedung SMK Nasional dan memberikan bantuan guna pembangunan selanjutnya.

Saat dipimpin oleh Bapak Gonowijadi Pr, BA dan Bapak Siswo Atmowidjoyo, SMK Nasional mendapat subsidi penuh berupa tenaga guru 4 orang yaitu: 1. Bapak Dr. Soedarno; 2. Bapak David, BA; 3. Bapak Drs. Soedarmadji; 4. Bapak Drs. EC. Hoedianto dan 2 karyawan yaitu: 1. Bapak Mucharim; 2. Ny. Sulchayah dari pemerintah berdasarkan SP Menteri PD 7 K 1502/BS/FII tgl. 5 Februari 1967. Pada tanggal 1 Juni 1967 kepemimpinan SMK Nasional diserahkan kepada Bapak Moch. Koesno. Pada masa kepemimpinan beliau menambah satu jurusan baru yaitu Jurusan Listrik.

Sejak 1 Juli 1983 kepemimpinan diserahkan kepada Bapak Oetarjo selaku Kepala Sekolah dan Bapak BX Soeherman selaku Wakil Kepala Sekolah. Satu setengah tahun kemudian, tepatnya pada tanggal 31 Januari 1985 kepemimpinan dipercayakan kepada Bapak Drs. Sudjad sebagai Kepala Sekolah dan Bapak Drs. Tatok Haripoernomo sebagai Wakil Kepala Sekolah. Sejalan dengan ditariknya Bapak Drs. Sudjad ke ITN, maka pada tanggal 1 Juni 1988 jabatan Kepala Sekolah dipercayakan kepada Bapak Drs. Soedarmadji, Wakasek Kurikulum diemban oleh Bapak Drs. Tatok Haripoernomo, dan Wakasek Kesiswaan dijabat oelh Bapak David Pitono, BA. Pada saat itu sturktur organisasi sekolah disempurnakan dengan mengoptimalkan fungsi ketua-ketua jurusan. Pada tanggal 1 Juni 1989 SMK Nasional membuka Jurusan Elektronika yang diuji kelayakannya oleh Tim Verifikasi dari Depdikbud Jawa Timur.

Berdasarkan Peraturan Pemerintah dan P2PTUN tentang masa jabatan Kepala Sekolah setiap periode selama 4 tahun maka P2PUTN pada 1 Juli 2002 menetapkan nama-nama pejabat di SMK Nasional periode 2002 – 2006 sebagai berikut: Kepala Sekolah: Bapak Drs. Tatok Haripoernomo, M.Pd; Wakasek Kurikulum: Bapak Drs. Ignatius Budiyana; Wakasek Kesiswaaan: Bapak Drs. Fajar Bintoro; Wakasek Humas: Bapak Ir. Soeroto; dan Wakasek Sarana/Prasarana Bapak Drs. R. Widayat B. Priyono. Kaprog Bangunan: Bapak Drs. Nanang Agustiono; Kaprog AudioVideo: Bapak Drs. Setyo Budiono; Kaprog Instalasi Listrik: Bapak Hadi Suseno, BE, Kaprog Mesin Perkakas: Bapak Drs. Moch. Taufik; dan Kaprog Mekanik Otomotif: Bapak Drs. Hadi Susanto.

Dan Mulai 1 Juli 2007 Kepemimpinan diserahkan kepada Bapak Drs. Hadi Susanto selaku Kepala Sekolah SMK “NASIONAL” Malang, yang berdasarkan pada Peraturan Pemerintah dan P2PUTN mengenai masa jabatan Kepala Sekolah adalah selama 4 tahun periode 2007 – 2011. Pada periode ini juga menetapkan nama-nama pejabat lain SMK “NASIONAL” Malang antara lain : Wakasek Kurikulum: Bapak Drs. Setyo Budiono; Wakasek Kesiswaaan: Bapak Drs. Fajar Bintoro; Wakasek Humas: Bapak Drs. Ignatius Budiyana; dan Wakasek Sarana/Prasarana Bapak Drs. Tatok Haripoernomo, M.Pd. Kaprog Bangunan: Bapak Drs. Nanang Agustiono; Kaprog AudioVideo & Teknologi Informatika: Bapak Hadi Suseno, BE; Kaprog Instalasi Listrik: Bapak Ir. Agus Utomo, Kaprog Mesin Perkakas: Ibu Dra. Yulia Rini; dan Kaprog Mekanik Otomotif: Bapak Drs. Djafar Nurhadi, ST, SST.

Program Keahlian:
1.Teknik Konstruksi Bangunan
2.Teknik Gambar Bangunan
3.Teknik Pemanfaatan Listrik Tenaga
Program Studi Teknik Listrik Pemakaian membekali siswanya dengan keahlian merakit, merawat, dan memperbaiki peralatan listrik rumah tangga maupun industri. Kompetensi lususan Program Keahlian Teknik Listrik Pemakaian adalah mampu merakit, merawat, dan memperbaiki peralatan listrik, instalasi listrik, sampai dengan peralatan elektronika yang saat ini sudah banyak digunakan sebagai pegendali peralatan-peralatan listrik.
4.Teknik Audio Video
Tujuan Program Keahlian Teknik Audio Video adalah membekali peserta didik dengan keterampilan, pengetahuan dan sikap agar kompeten : • Mengoperasikan peralatan elektronik audio; video dan permainan / game komersial. • Merawat peralatan elektronik audio; video dan permainan / game komersial. • Menginstalasikan sistem elektronik audio; video dan permainan / game komersial. • Menerapkan sistem elektronik audio; video dan permainan / game komersial. • Melakukan trouble shooting peralatan elektronik audio; video dan permainan / game komersial. • Memperbaiki kerusakan atau gangguan peralatan elektronik audio; video dan permainan / game komersial. • Mampu mengoperasikan komputer dengan program Microsoft Excel dan Microsoft Word.
5.Teknik Pemesinan
Program Studi Teknik Mesin Perkakas membekali siswanya dengan bidang Proses Manufaktur pada unit perencanaan dan pengendalian dalam proses produksi. Kompetensi lulusan Program Studi Teknik Mesin Perkakas adalah mampu merencanakan, mengendalikan, dan mengoperasikan mesin-mesin manufaktur.
6.Teknik Mekanik Otomotif
Program Studi Teknik Mekanik Otomotif membekali siswanya dengan keahlian yang profesional dan kompetitif dalam dunia otomitif. Kompetensi lulusan Program Keahlian Teknik Mekanik Otomotif adalah merawat dan memperbaiki mesin bensin, mesin diesel, sepeda motor, chassis, dan pemindahan tenaga, sistem kelistrikan, dan perbaikan serta pengecatan bodi.
7.Teknik Jaringan dan Komputer
Secara khusus tujuan Program Keahlian Teknik Komputer dan Jaringan adalah membekali peserta didik dengan keterampilan, pengetahuan dan sikap yang kompeten dibidang instalasi perangkat komputer personal dan menginstall sistem operasi dan aplikasi, instalasi perangkat jaringan berbasis local, instalasi perangkat jaringan berbasis luas serta merancang bangun dan mengadministrasi jaringan berbasis luas, serta dapat berbahasa inggris baik secara teknik maupun umum
8.Teknik Rekayasa Perangkat Lunak
Merupakan program keahlian yang berbasis pada teknologi informasi (TI). bidang keahlian yang bertumpu pada teknik komputer dasar, pemrograman dasar, sistem basis data, network, interaksi manusia dengan komputer, dan sistem keamanan.