Tim Yang Tidak Diakui

Tak ada tim yang lolos ke putaran final tanpa melewati satupun partai kualifikasi. Itulah peraturan yang diterapkan fifa dalam penyaringan tim ke swedia 1958. Tak dinyana, peraturan itu langsung memakan korban. Tergabung di zona CAF/AFC, israel sesungguhnya bisa dinyatakan sebagai pemenang karena tak satupun tim yang mau meladeni mereka. Sudah bisa diterka, itu gara-gara konflik antara negeri itu dengan negara-negara arab yang mendapat simpati dari banyak negara Asia & Afrika.


Di putaran pertama, israel harus berhadapan dengan Turki, pertandingan tak terlaksana karena turki tak sudi bermain di zona Asia, bukan Eropa. hasil itu membawa tim bintang daud melenggang ke putaran kedua.Di babak itu, lawan israel adalah Indonesia.
Sebagai negara yang punya solidaritas kuat terhadap negara-negara arab, Indonesia menolak bermain di tel aviv. Mereka ingin berlaga di tempat netral. Namun, hal itu ditolak fifa. Alhasil tim Garuda lantas mengundurkan diri. Jadilah israel berhadapan dengan Sudan yang di putaran kedua menang WO/Mesir. Lagi-lagi lawan israel ini menarik diri karena alasan politis.
Secara otomatis, israel seharusnya melenggang ke swedia. Namun, gara-gara terbentur peraturan, mereka harus menjalani laga play off menghadapi salah satu runner up dari zona lain. Setelah Uruguay dan belgia menolak, wales akhirnya bersedia menjadi lawan israel.