Chris Barker

Chris Barker adalah seorang bassist dan lead vocal kelahiran 13 mei 1980 dari band punk asal Pittsburg, Amerika yaitu Anti-Flag. Ia menggantikan bassis Jamie Cock yang sempat pernah membuat album bersama sang vokalis, Justin Sane. Nama Anti-Flag sendiri sering dikritik, beberapa kalangan yakin chris barkerbahwa nama band itu berindikasi sentiment anti Amerika, namun merujuk pada cara penyampaian via karya seni sampul album seperti dalam album A New Kind of Army. “Anti-Flag tidak bermakna Anti-Amerika. Anti-Flag berarti anti perang. Anti Flag punya arti bahwa orang-oorang biasa di seluruh dunia lebih baik hidup dalam kedamaian dan persatuan. Artinya, Anti-Flag adalah sikap menentang korporasi besar yang mengambil keuntungan dari cara-cara mencapai kekayaan secara ekstre. Anti-Flag juga mempunyai makna menentang nasionalisme serempangan. Anti-Flag adalah persatuan.”

Chris Barker dikenal orang melalui suaranya yang keras dan serak saat bernyanyi, banyak yang menjadi ciri khas chris barker yang menganut vegan, karena alunan bassnya yang sangat cerdik. Chris mempunyai keistimewaan suara yang berkhas punk yaitu serak dan memaksa, ada juga lagu Antiflag yang dinyanyikan oleh chris dengan semangat ala punk pemberontak seperti Death Of a nation menceritakan tentang kehancuran suatu negara besar karena negara itu membuang-buang uang dan keperluan rakyat hanya untuk menghancurkan negara tertindas.. Dalam lagu itu suara chris lebih menonjol saat awal lagu “Will all you needed? was a little motivation”.

Di album terbaru, yaitu People Of Gun. Chris Barker menyanyikan lagu-lagu yang fenomenal meski yang ia nyanyikan di album 2009 itu hanya beberapa buah lagu saja. “Sodom,gomorrah & Washington DC” adalah salah satu lagu yang menyangkut seluk beluk kota washington DC yang kata mereka mirip plagiat kota sodom & gomorrah, juga menyangkut masalah perselisihan agama di dunia ini. Chris menyanyikan lagu ini dengan power sound yang sangat bagus untuk diperdengarkan. lagu lain yang dinyanyikan chris adalah “On Independence Day”.

(DA.)