h1

Perbedaan Bendera Indonesia & Monaco

Maret 22, 2011

Bendera merah putih bukan 100% milik rakyat indonesia saja karena rakyat negara monako juga memiliki dan mengagung-agungkan bendera yang sama. Di samping negara monaco (monako), negara polandia (poland) juga memiliki bendera yang mirip namun dengan warna yang terbalik alias bendera putih merah. Negara Singapura (Singapore) pun berbendera merah putih namun ada tambahan gambar bulan sabit dan lima bintang di warna merahnya.

Apakah serupa & sama?
Ternyata tidak sama.
Kenapa demikian?

Yang berbeda antara bendera merah putih milik Bangsa Indonesia dan Bangsa Monako ada perbedaan dari sisi skala ukuran benderanya.
– Bendera Indonesia : Skala 2 berbanding 3 (2:3)
– Bendera Monako : Skala 4 berbanding 5 (4:5)

Dari sisi sejarah bendera merah putih di Indonesia, kerajaan majapahit telah memakai lambang merah putih. Selain itu kerajaan kediri sebelum kerajaan majapahit dusah memakai panji-panji merah putih. Bendera negara monako dipakai mulai tahun 1881.

Oleh sebab itu dalam membuat bendera merah putih Negara Indonesia masyarakat diharapkan untuk berhati-hati membuat perhitungan skala ukuran benderanya agar pada saat kita hormat kepada bendera kita benar-benar menghormati bendera negara sendiri. Anak-anak pun sebaiknya diberi penjelasan dini secara ringan disaat menggambar bendera agar tidak salah membuat bendera indonesia.

Perbandingan
Ukuran:
Indonesia=2:3
Monaco=4:5
Resmi Digunakan
Indonesia=17 Agustus 1945
Monaco=4 April 1881
Latar Belakangan Sejarah
Indonesia=Warna panji-panji Kerajaan Majapahit
Monaco=Warna-warna simbol House of Grimaldi

Selain Indonesia dan Monaco, ada banyak bendera negara/kota/kerajaan yang juga serupa.


Bendera Indonesia
Bendera nasional Indonesia, yang dikenal sebagai Sang Saka Merah Putih (“Merah Putih”) didasarkan pada bendera Kerajaan Majapahit pada abad ke-13 di Jawa Timur. Bendera itu sendiri diperkenalkan dan dikibarkan secara resmi di hadapan dunia pada upacara Hari Kemerdekaan Indonesia, tanggal 17 Agustus 1945. Desain bendera masih tetap sama sampai sekarang.Warna merah putih berasal dari bendera Kerajaan Majapahit pada abad ke-13. Kemudian, warna-warna itu dihidupkan kembali oleh para mahasiswa dan para nasionalis di awal abad 20 sebagai ekspresi nasionalisme melawan Belanda.
Bendera merah-putih dikibarkan untuk pertama kalinya di Jawa pada tahun 1928. Di bawah pemerintahan Belanda, bendera itu dilarang berkibar. Sistem ini diadopsi sebagai bendera nasional pada tanggal 17 Agustus 1945, ketika kemerdekaan diumumkan dan telah digunakan sejak saat itu.Ada juga cerita lain tentang bendera Indonesia, yang secara signifikan berhubungan dengan bendera Belanda. Di bawah kolonialisme Belanda, setiap urusan menggunakan bendera Belanda (merah-putih-biru). Sedangkan bendera Indonesia dilarang digunakan. Sebagai simbol perlawanan terhadap Belanda, kaum nasionalis Indonesia dan gerakan kemerdekaan merobek bendera Belanda. Mereka merobek bagian bawah bendera, dan memisahkan warna merah dan putih dari warna biru. Alasan utamanya adalah karena biru pada bendera Belanda dipahami sebagai berdiri untuk aristokrasi “berdarah biru”. Sebaliknya, warna merah mewakili darah yang tertumpah dalam Perang Kemerdekaan, sedangkan putih bisa dipahami untuk melambangkan kemurnian Indonesia.
Nama resminya adalah Sang Merah Putih sesuai dengan Pasal 35 UUD 1945. Bendera ini juga biasa disebut Bendera Merah Putih, Sang Dwiwarna, atau Sang Saka Merah Putih. Bendera Pusaka adalah bendera yang dikibarkan di depan rumah Soekarno beberapa saat setelah dia memproklamasikan kemerdekaan Indonesia pada tanggal 17 Agustus 1945. Bendera Pusaka ini adalah dijahit oleh Ibu Fatmawati Soekarno, dan dikibarkan setiap tahun di depan istana presiden pada saat upacara hari kemerdekaan. Namun, karena dianggap terlalu rapuh, Bendera Pusaka dikibarkan untuk yang terakhir kalinya pada 17 Agustus 1968.Merah berarti keberanian, sedangkan putih berarti kemurnian. merah tersebut merupakan tubuh manusia atau kehidupan fisik, sedangkan putih melambangkan jiwa manusia atau kehidupan rohani. Bersama-sama mereka berdiri untuk melengkapi manusia.Secara tradisional, sebagian besar masyarakat Indonesia telah menggunakan merah dan putih sebagai warna suci mereka, pencampuran warna gula (warna merah berasal dari gula kelapa atau Gula aren) dan beras (berwarna putih).
Sampai hari ini, keduanya merupakan komponen utama masakan Indonesia setiap hari. Rupanya, penduduk Kerajaan Majapahit juga menggunakan konsep ini dan dirancang sebagai bendera merah dan putih.Note : Kerajaan majapahit berdiri tahun 1293

Bendera Monaco
Bendera nasional Monaco terdiri atas dua strip horizontal yang sama, merah (atas) dan putih (bawah). Warna Merah dan Putih sudah menjadi corak khas The House of Grimaldi paling tidak semenjak 1339, namun dengan desain yang berubah-ubah.. Desain dua warna diadopsi pada tanggal 4 April 1881, di bawah pimpinan Pangeran Charles III.Bendera Monako yang asli (berbentuk sama dengan Bendera negara Monako tapi dengan gambar simbol negara versi sebelumnya di tengahnya) sudah digunakan sejak awal kerajaan ini berdiri, kecuali saat Monako di-aneksasi Perancis pada periode 1793-1814. Bentuknya kini yang lebih sederhana mulai digunakan sejak 4 April 1881.

Dari berbagai Sumber

About these ads

27 komentar

  1. begitu toh sejarahnya


    • bendera monaco ikut-ikutan indonesia karena monaco tidak memiliki ide sendiri buat bendera monaco kita harus bangga dengan negara sendiri karena negara lain ikut-ikutan seperti negara monaco hebat juga negara kita negara indonesia


      • berarti yang tiru tiru indonesia


  2. saya tdk setuju masa bendera monaco mirip sama indonesia yg pertama kan indonesia dulu yg dapat merah putih jadi monaco ganti bendera saja oke anjing monaco


  3. kalo monaco ga ganti bendera kami akan bom monaco gerti


  4. saya setuju karena bendera indonesia paling terkenal di seluruh asea jadi monaco bubur ganti berndera karena indonesia akan marah ……?


    • Jngan seenaknya sendiri kalau ngomong


  5. ada lagi negara Hessen (negara bagian Jerman) yang benderanya juga sama dengan INDONESIA lho. karena cuma negara bagian jadi ngga terlalu terkenal negaranya dan jarang dibahas.


  6. aku punya pertanyaan nih…
    apakah perbedaannya hanya pada sejarah dan ukuran saja?
    lalu kenapa ukuran bendera monako lebih besar dari kita?
    dan apabila ada peertandingan antara indonesua dan monako, lalu bagaimana cara kita membedakan benderanya?
    kan indonesia yang lbih dulu memakai bendera merah putih, kenapa pada saat monako akan memakai bendera yang sama bangsa kita tidak melarangnya?
    tolong dijawab yah, makasih……..


    • karena yang duluan merdeka monako berarti yang meniru bendera merah putih adalah indonesia


      • bedasarkan fakta Indonesia yang lebih dulu memakai bendera berwarna merah putih dari Monaco. rakyat Indonesia tapi ngg bangga menjadi bangsa Indonesia adlah hal yang memalukan


  7. jgn gtu ,indonesia kan cinta damai,,
    jadi jika sama yg penting bukan musuh indonesia,tapi sahabat indonesia


  8. Biarkan . negara negara laen sama benderanya .Karena mereka pun pnya alasan dn sejarah tersendiri . yg penting jgn d jdikan musuh tp jdikan negara sahabat yg solid untuk indonesia,. dgn miripnya bndera sypa tw Negara2 seperti(Polandia,Hesser,Monaco,Singapore) mnjdi negara yg saling bkrjasama dgn negara kita. kalo udah solid .. psti akan dkenal “The Same nations flag sucsess”.
    :)


    • saya setuju


  9. ngalah donk monaco seharusnya…. tampahin aj ap ke ke bendera monaco bintang ke maupun lambang ap aj,,
    prbedan kecil jd konflik tetap damai ye…
    walau rakyat ma wilayah bsran indonesia hehehehe.


    • jangan seenaknya sendiri kalau ngomong


  10. ooo,gitu ya sejarahnya bendera indonesia sama bendera monaco
    berarti bendera monaco ikut-ikutan sama bendera indonesia dongg


    • yang ikut ikutan indonesia bukan monako orang merdekanya duluan monako


  11. I personally intend to take note of this particular post, “Perbedaan Bendera
    Indonesia & Monaco | Ob_Ganiyy’s Blog” on my personal web-site. Will you mind if perhaps I personallydo? Thank you -Norris


  12. Kok pada sewot sama monako sih?
    Lagian yang secara resmi make duluan kan monako =.=
    bukan perbedaan aja yang harus dihargai, persamaan juga dong


  13. siapa yang ikutan,,,lihat sejarahnya lagi indonesia kpn lahir,jgn bawa2 majapahit, krn indonesia bukan majapahit saja, justeru indonesia yang ikut majapahit


  14. siapa yang ikutan,,,lihat sejarahnya lagi indonesia kpn lahir,jgn bawa2 majapahit, krn indonesia bukan majapahit saja, justeru indonesia yang ikut monako


  15. wassalam…


  16. berarti yang meniru adalah indonesi karena lebih duluan monako yang merdeka


  17. yg harus disalahkan bukan indonesia, juga monaco, apa lagi majapahit. Tpi Belanda(?) o.O

    protes gih ke mereka, kenapa bendera mereka merahnya diatas bukan yg biru? Kan rakyat indo lansung nyobek warna biru yg ada di bwah. Kalo dulu yg di bwah itu warna merah pasti sampe sekarang indonesia warna negaranya biru putih

    see?

    Mohon bicaranya jangan menyalahkan pada satu pihak



Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: